Sell Honesty, Get TRUST"

 SELLING with CHARACTER

by Ardhi Ridwansyah


Sell Honesty, Get TRUST"


_"Sekali kita ketahuan berbohong, selamanya kita mungkin akan dianggap sebagai pembohong, bahkan sekalipun kita selalu bicara jujur di sepanjang sisa hidup kita"_ 

●● Joe Girard 


πŸ˜‡


Charles Green membeli πŸ‘“ kacamata mewah di daerah New Jersey.

Beberapa bulan kemudian ada salah satu bagian gagang emas nya harus diganti karena tidak nyaman dipakai. 


Green pergi ke optik untuk memperbaiki.

Sambil menunggu perbaikan πŸ‘“, Green ditemani Seorang Staff (S) dari optik.


Green (G) berencana membeli 1 πŸ•Ά kacamata lagi untuk cadangan . 


S : 

Mr Green tak perlu beli πŸ•Ά semahal yang pertama kalau hanya untuk cadangan .

Kami kami punya banyak pilihan πŸ•Ά yang bagus dengan harga lebih ekonomis. 


Green setuju dengan advice positif Staff Optik. 


S :

Sebelum membeli lagi, apakah sudah cek mata πŸ‘€ lagi ? 

Untuk mengetahui apakah sudah perlu ganti uluran lensa. 


G : 

Hmm lensanya sudah terasa tidak nyaman lagi.

Terakhir periksa πŸ‘€ sudah agak lama. 


S : 

Jika begitu sebaiknya Mr Green menunda dulu beli kacamata , meski kacamata cadangan sekalipun . 

Tunggu periksa mata terlebih dahulu. 


Green setuju dengan penjelasan Staff optik. 


Tak lama kemudian Manager membawa kacamata πŸ‘“ yang telah di service dan memberikan fasilitas gratis pergantian gagang frame 


Hari itu optik New Jersey  menolak uang 2x dari Charles Green, yaitu :

● pembelian πŸ•Ά cadangan 

● biaya perbaikan πŸ‘“


Kelihatannya optik kehilangan πŸ’Έ uang, tetapi mereka  memperoleh "TRUST" dari Pelanggan 


Hasilnya beberapa waktu kemudian Charles Green kembali ke optik tersebut untuk membeli πŸ‘“ & πŸ•Ά dengan nilai nominal lebih besar. 


πŸ™πŸΌ poin pentingnya :


★ Menjual dengan kejujuran itu bukan berarti membuka rahasia dapur perusahaan kita. 


★ kita cukup memberikan informasi sebenarnya yang memang layak diketahui pelanggan . 


★ dengan berbohong, atau setidaknya menyembunyikan kebenaran, kita mungkin bisa mendapatkan penjualan.

Namun tidak mendapatkan trust pelanggan.


"A SATISFIED customer is the BEST BUSINESS STRATEGY of all"

●●●  Michael LeBoeuf


Happy Selling 

Have a blessed Friday


Tetap semangat

Komentar

Postingan Populer