Strategi Hotel Untuk Bertahan di Masa Pandemi Ini

Dalam masa pandemi ini dunia perhotelan sangat terpukul sekali bagaimana tidak, occ turun dari beberapa bulan lalu (Awal maret) saat pandemi mulai menyerang Indonesia. Berbagai upaya di lakukan duani perhotelan dan pariwisata untuk mempertahankan bisnisnya. namun larangan berkumpul dan social distancing membuat beberapa tempat wisata tutup dan beberapa hotel i kota besar juga tutup. Merepak para owner memiliki alasan tersendiri kenapa menutup tempat usaha mereak, ada yang sepi pengunjung, oz menurun, biaya tenaker dan operasional besar tapipemasukan minim dan lain-lain.

Namu angin segar mulai terasa saat adanya new normal, baru beberapa minggu new normal diterpakna di jakarta dan beberapa daerah lain terjadi lonjakan kasus penularan covid 19 yang sangat tinggi, salahsatunya di DKI Jakarta. Maka pemerintah DKI Jakarta memberlakukan PSBB lagi untuk yang kesekian kalianya. Dunia pariwisata dan perhotelanpun terkena dampaknya kembali. Untuk menyiasati turunya occ dan oz di dunia perhotelan admin berikan beberapa alternatif cara hotel bertahan saat adanya pandemi covid 19:


Paket Menginap 

Dalam dunia perhotelan sudah tidk asing lagi memaknai paket menginap, namun kali ini amin menyarankan 3 paket yaitu,

1.Quarantine Package, 

Paket karantina ini maksudnya adalah paket yang diberikan kepada tamu yang berasal dari luar daerah atau provinsi, yang sedang berkunjung didaerah tertentu. Misal tamu ddari jakarta mau berkunjung ke lampung, nah hotel dilampung memberikan paket karantina paket ini kepada tamu tersebut. Lama menginap bisanya sesuai anjuran pemerintah selama 14 hari. harga dan paket bisa bermacam-maca sesuai dengan jenis hotel dan type kamar yang dipesan.

Tetapi maskudnya bukan pasien positif corona ya, namun tamu yang non rekatif yang ingin memastikan dirinya bersih dari virus dan mengisolasi diri selama 14 hari.


2.Stay Longer Package,

Paket ini dibuat engan tujuan untuk menginap di hotel dengan jangka waktu yang alam, bisa 1-2 bulan. Biasanya orang-orang pejabat atau pengusaha lebih memilih hotel untuk menghabiskan waktu dari pada dirumah mereka sendiri. Paket ini juga bisa digunakan untuk keluarga yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus rumah dan makanan. jadi pilihannya adalah menginap di hotel dengan lama menginap bisa 1 bulan lebih, maka harga yang ditawarkan tentunya akan sangat terjangkau sekali


Kerjasama Lokal

Selain paket-paket diatas, hotel juga bisa bekerjasama dengan pengusaha lokal didaerah masing-masing, misal pengusaha rental mobil, taxi, pengusaha oleh-oleh dan pemandu pariwisata. Tentunya akan dibuat sebuah kerjasama yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak. Disaat panemi seperti ini harus aling kerjasama jadi bisa memkasimalkan oz secara maksimal


Gift Voucher

Lalu cara berikutnya adalah dengan memebrikan hadiah seperti voucher menginap, namun pemberian voucher tidak melulu harus voucher menginap ya. bisa digunakan voucher lain seperti voucher fitnes, voucher makan, voucher spa. Gunakan cara ini untuk menarik pelanggan lama untuk menginap atauu membeli fasilitas yang dijual hotelalinnya. Berikan voucher-voucher tersebut kepada tamu langganan, atau kepada tamu ruang meeting yang sudah memberika oz dengan jumlah tertentu. 


Layanan Pesan Antar

Maksimalkan oz dari resotan, untuk kamar pada masa pandemi eperti ini pasti akan mengalami penurunan. nah untuk itu kita bisa memaksimalkan pendapatan dari resto hotel. Dengan mengandalakan menu utama seperti Indonesia Food dan Western food diharapkan bisa menbah oz hotel. Sediakan juga untuk layanan pesan antar, karena pada masapandemi ini orang jadi takut untuk keluar, membeli bahanmakananpun mereka taku pergi kepasar atau ke mall. mereka para konsumen sekarang sudah nyaman dengan pembelian secara daring memanfaatkan aplikasi online untuk memesan makanan. Hotel pun bisa memanfaatkan hal yang sama, dengan mendaftarkan restonya ke aplikasi online sepeti gofood. namun hotel juga bisa menjualnya langsung dan diantar ke ruamah tamu.

Diskon dan Banting Harga Kamar

Dan inilah cara terakir yang admin rekomendasikan, dimasa yang sulit ini, banyak hotel-hotel tutup dan pendapatan tidak menentu. Cara ini wajib dicoba, dengan tetap memperhatikan pasaran harga hotel yang berlaku saat itu (jangan terlalu dibanting harganya). Tetap pasang harga dengan wajar tidak terlalu turun drastis. karena menurut data yang diperoleh occ hhotel memang menurun namun masih ada sekitar 20-30% tamu yang masih bertahan menginap di hotel. Nah mungkin beberapa tamu ini bisa kita arahkan untuk menginap di hotel kita dengan harga yang sesuai



Medsos Admin:

IG: @harryhardianto

Twitter: @harryhardianto7

Kaskus: hardianto07

FB: Cristiano Harry

Komentar

Postingan Populer