MENGAPA KITA TIDAK BISA SELALU FOKUS

*MENGAPA KITA TIDAK BISA SELALU FOKUS*

Manusia dalam mengikuti pembelajaran, pengajian bahkan dalam mendengarkan khotbah bisa mengantuk bahkan tertidur. Mengapa?

Karena ada keterbatasan daya tangkap manusia dalam menyerap informasi. 

Gelombang otak manusia itu tidak selalu dalam gelombang yang tetap. Jika dalam gelombang Alpha maka kita bisa fokus, mendengarkan atau mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat dan perhatian. 

Namun jika gelombang otak kita Delta, maka kita dalam kondisi mengantuk. Bagaimana pun kita berusaha melek, kita tidak mampu. Kecuali gelombang otak kita berubah menjadi gelombang Alpha kembali.

Bahkan jika gelombang otak kita sudah dalan keadaan Teta, maka kita bisa tertidur pulas. Walaupun sedang duduk mengikuti pengajian atau mendengarkan khotbah. Bahkan di tempat keramaian sekalipun.

Oleh karena itulah diperlukan cara untuk mengembalikan otak ke gelombang Alpha.

Cara itu adalah ice breaking. Ice breaking bisa diadakan atau diberikan dalam suatu acara pembelajaran, workshop,  training, seminar atau pengajian. 

Kecuali khotbah. Karena sudah ada tuntunan/rukun. pelaksanaan khotbah yang harus monolog. Walaupun banyak orang yang mengantuk bahkan tertidur ketika mendengarkan khotbah, Khotib atau pengkhotbah tidak bisa mengadakan atau memberikan ice breaking.

Ice breaking adalah jeda pembelajaran ketika jenuh. Atau upaya peralihan dari kondisi mengantuk, bosan, tegang & jenuh menuju suasana ceria dan menyenangkan.

Ice breaking juga upaya melibatkan peserta acara terhadap forum acara. Agar muncul rasa kebersamaan. Karena ada perbedaan latar belakang dan kondisi peserta sebelum acara dimulai.

Perlunya ice breaking juga dikarenakan adanya kebekuan dan kejenuhan suasana acara.

Sehingga tujuan ice breaking adalah mengarahkan kepada gelombang Alfa, membangun kembali suasana agar santai dan menyenangkan, menjaga kondisi peserta tetap nyaman  dan segar dalam menyerap informasi.

Maka kita perlu ice breaking agar 
1. Terjadi penyampaian dan penyerapan informasi/pembelajaran secara optimal 

2. Menguatkan hubungan antara peserta dan pembicara/penyampai.

3. Tumbuhnya motivasi peserta terhadap acara/pembelajaran.

Selamat belajar dan selamat berproses. 

Semoga bermanfaat. 

Catatan 
Mau tahu lebih banyak apa itu ice breaking, macam ice breaking, cara membuat ice breaking sehingga acara atau pembelajaran kita bisa dilakukan dengan baik dan menarik ?

Kami berikan resolusinya. Bukan hanya terbatas ice breaking namun termasuk kemampuan yang baik berbicara di depan orang banyak (public speaking). Antara lain
▪︎ Buku tentang Ice Breaking
1. 100+ Ice Breaker - Kak Kusumo, Best Seller sejak 2009, Rp 100.000
2. 150 Ice Breaker - Kak Aji Syafa, Best Seller sejak 2015, Rp 150.000

▪︎ Training public speaking (on line & off line,  umum maupun khusus)
1. Public Speaking International, Sabtu, Minggu, Senin, Selasa & Rabu tangga 8, 9, 10, 11 & 12 Agustus, pukul 19.30 - 21.30, WAG & Zoom, Rp 175.000.

2. Public Speaking, Sabtu 29 Agustus, pukul 07.00-10.00, Zoom, Rp 59.999.

3. Public Speaking, Ahad/Minggu 29 Agustus, pukul 07.00-17.00, WAG & Zoom, Rp 79.999, 15%

4. In house atau privat training sesuai dengan permintaan dengan memenuhi protokol kesehatan

▪︎ Chanel pembelajaran public speaking, GRATIS tanpa biaya dan ikatan apapun. 

https://t.me/Belajar_PUBLIC_SPEAKING

▪︎ Informasi training 

#https://wa.me/c/6282177158254

(Sumber : Bp Hery Komisi , senin 03 August 2020)

Komentar

Postingan Populer